Jumat, 15 November 2013

5 Menu Makanan Enak yang Aman untuk Diet

img
Diet bukan berarti Anda harus melupakan makanan enak. Anda tetap bisa melahap makanan enak tapi sehat dengan cara yang benar. Ini beberapa menu makanan enak yang menyehatkan, dan tentunya tidak membuat badan jadi gemuk. Seperti dikutip dari Times of India.

1. Smoothies Buah-buahan
Jika diolah dengan baik, smoothies buah bisa jadi minuman enak yang sehat. Bagaimana smoothies yang sehat? Yang terdiri dari buah-buahan segar tanpa tambahan gula berlebihan. Campurkan buah-buahan seperti kiwi, stroberi, jeruk, pisang, dan apapun yang Anda suka dengan susu atau yoghurt rendah lemak. Tidak hanya memuaskan keinginan Anda dengan makanan manis, tapi juga membuat perut terasa kenyang.

2. Salad
Salad juga bisa jadi alternatif makanan enak tapi sehat dan rendah kalori. Tapi hindari dressing yang banyak lemak dan kalori tidak penting seperti mayonnaise atau thousand islands. Anda bisa mengombinasikan olive oil dengan merica atau balsamic vinegar, atau mustard dengan bumbu rempah lainnya. Perbanyak isian sayur seperti selada, tomat, ketimun, brokoli, dan sayur-sayuran lainnya. Anda juga bisa menambahkan potongan telur rebus, tahu dan kacang-kacangan.

3. Ayam Panggang
Ayam yang dipanggang dalam oven tak kalah lezat dengan ayam goreng, tapi lebih sehat karena tidak memiliki tambahan lemak dari minyak yang digunakan untuk menggoreng. Pakai bumbu-bumbu segar, bukan bumbu dalam kemasan sachet atau botolan dan hindari menakai margarin dan butter sebagai olesan. Anda bisa menggantinya dengan olice oil dan merica.

4. Kentang Panggang
Saat diet, tubuh tetap memerlukan karbohidrat. Tapi pilihlah karbohidrat yang sehat, misalnya kentang. Bukan kentang goreng yang tinggi lemak dan kalori, tapi kentang panggang. Makanan ini rendah kalori, juga mengandung potassium. Panggang dan makan kentang bersama kulitnya (ingat harus dicuci dengan bersih dulu) untuk mendapat tambahan serat.

5. Roti Gandum Utuh
Roti yang terbuat dari tepung gandum utuh memiliki kandungan serat yang jauh lebih tinggi dibandingkan roti putih. Selain itu juga mengandung karbohidrat kompleks yang tidak membuat tubuh gemuk. Jadikan roti gandum sebagai menu sarapan, brunch atau camilan di sore hari yang diberi isian selada, telur atau fillet dada ayam panggang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar